Widget HTML Atas

Lakukan 15 Trik Ini untuk Mengajarkan Anak Membaca Dengan Cepat

Pict by: Pixabay

Orang tua yang baik harus berperan aktif dalam masa pertumbuhan anak. Saat anak masih kecil hingga tumbuh dewasa nanti kita sebagai seorang orang tua akan bangga ketika melihat perkembangan anak yang semakin membaik dan pintar.

Namun, peran menjadi orang tua tidaklah mudah. Memberikan cara yang terbaik untuk membantu cara berfikir anak dengan cepat tentu tidaklah mudah. Banyak masalah-masalah yang harus dihadapi orang tua saat masa pertumbuhan anak. Salah satunya adalah merasa sulit mengajarkan anak membaca.

Lantas, apakah orang tua harus menyerah begitu saja?

Tentu jawabannya adalah tidak. Perlu digaris bawahi bahwa sebenarnya mengajarkan anak membaca itu tidak sulit. Hanya kita sebagai orang tua yang belum mengerti bagaimana cara yang tepat untuk membantu mengajarkan anak membaca. Namun, hal ini harus dilakukan dengan sabar dan telaten.

Lalu, bagaimana solusi yang tepat untuk menghadapinya?

Nah, di etalk1 ini kita akan membahas secara detail cara yang tepat untuk membantu mengajarkan anak membaca supaya lancar. Berikut cara-caranya:

1. Perkenalkan buku, membacakan anak dengan buku secara rutin.

Cara yang pertama yaitu bacakanlah buku, buatlah anak terbiasa mendengarkan cerita nabi, dongeng dan yang lainnya. Hal ini dapat membantu anak merasa tenang sehingga sedikit demi sedikit anak akan suka dengan buku dan ingin terus belajar. Disamping itu, anak dapat mengenal huruf-huruf dan mampu menirukan apa yang dia dengar. 

2. Perkenalkan huruf 

Cara ini sering sekali diterapkan baik disekolah maupun dirumah. Belajar tentang huruf mulai dari A-Z merupakan salah satu cara agar anak dapat membaca dengan cepat. Anak harus tau bagaimana bunyi huruf A, B, C, dan seterusnya. Selain itu, bentuk dari bunyi huruf tersebut juga harus dipahami. Langkah ini adalah dasar untuk membantu proses belajar anak.

3. Ajari anak cara membedakan mana huruf besar dan kecil.

Sering kita melupakan cara ini. Perlu orang tua ketahui, cara ini juga sangat membantu anak membaca dengan cepat. Jika anak hanya tau huruf kecil saja tetapi huruf besarnya tidak tau tentu hal ini akan menjadi PR untuk orang tua. Disamping mengajarkan anak tentang huruf kecil, huruf besar juga diajarkan supaya anak mudah memahami kata per kata. Tujuannya adalah, agar anak mampu membaca kata demi kata dengan baik tanpa perlu bertanya jika sudah mengenal huruf besar (kapital) dan huruf kecil.

4. Ajari anak membaca satu suku kata

Jika dirasa anak sudah bisa membedakan huruf kecil dan huruf besar, maka langkah selanjutnya yaitu ajarkan anak membaca satu suku kata. Buatlah tulisan yang berbunyi huruf vokal dan konsonan. Berikut contoh jelasnya:

Ba...bi...bu...be...bo...

Na...ni...nu...ne...no...

Ta...ti...tu...te...to...

Ya..yi...yu...ye...yo...

Sa...si...su...se...so... Dan sesterusnya.

5. Ajari anak membaca dua suku kata atau menggunakan huruf vokal yang sama

Setelah anak mampu belajar satu suku kata sebagaimana yang dijelaskan di no 4 maka tahap selanjutnya adalah mengajarkan anak membaca dua suku kata yang menggunakan huruf vokal yang sama. Lebih jelasnya simak contoh dibawah:

Ma-ma

A-ba

Na-na

Yu-yu

Le-le

Pi-pi 

Ka-ka

Ma-ka dan seterusnya.

6. Ajari anak membaca dua suku kata tetapi beda vocal

Nah, cara ini merupakan langkah selanjutnya dari cara diatas. Hal yang perlu dilakukan adalah mengajari anak membaca satu suku kata tetapi beda vokal. Mulailah menggunakan contoh huruf konsonan yang sama namun vocal berbeda. Berikut contohnya:

Li-lu

Ba-bu

Sa-su

Ji-ju

Ta-tu

Na-nu

Ma-mi dan seterusnya.

7. Ajari anak membaca dua suku kata dengan menggunakan huruf vokal dan konsonan yang berbeda.

Cara selanjutnya adalah belajar membaca dua suku kata tetapi menggunakan huruf vokal dan konsonan yang berbeda. Cara ini merupakan cara yang baik untuk menuju cara selanjutnya agar anak dapat membaca dengan cepat. Berikut contohnya:

Pa-ku

Sa-pu

Ko-ta

Ke-ra

Sa-te 

La-gu dan seterusnya.

8. Ajari anak membaca tiga suku kata

Langkah selanjutnya mengajari anak membaca tiga suku kata. Setelah anak lancar membaca dua suku kata maka ajari anak membaca tiga suku kata sekaligus. Cara ini hampir diterapkan oleh semua orang tua bahkan guru. Inilah contohnya:

Le-ma-ri

Bo-ne-ka

Ca-ha-ya

Se-pe-da

Je-ma-ri

A-ro-ma dan seterusnya.

9. Ajari anak membaca 'mem dan men'

Trik yang satu ini juga harus diajarkan kepada anak agar membacanya lancar dan cepat. Selain tujuh cara diatas anak juga harus bisa membedakan bagaimana cara membaca bacaan 'mem dan men'. Langsung saja lihat contoh berikut:

'Mem' dan 'men'

Menjadi

Mendustakan

Memberi

Membantu

Membuat

Membutuhkan

Membisu

Membagi dan seterusnya.

10. Ajari anak membaca 'ng'

Disamping belajar membaca 'mem dan men', jika dirasa anak sudah pintar membaca dari mulai langkah pertama sampai ke sembilan, maka langkah berikutnya adalah ajari anak melafalkan bunyi 'ng'. Berikut simak contohnya:

Pi-sang

Ku-nang

Ju-rang

Be-nang

Ke-rang

Ke-nang dan seterusnya.

11. Ajari anak membaca 'ny'

Setelah anak sudah bisa membaca 'ng' maka langkah selanjutnya adalah belajar membaca 'ny'. Ajarkan anak bagaimana melafalkan bunyi 'ny' dengan cara membaca nya...nyi...nyu...nye...nyo..., Jika dibaca menggunakan suku kata maka berikut contohnya:

Nya-nyi

Pu-nya

Nya-ta

Nyi-sa dan seterusnya.

12. Ajari anak membaca 'nga'

Langkah ke-12 yaitu ajarkan anak membaca 'nga' yang dimulai dengan bacaan 'nga...ngi...ngu...nge...ngo' dengan memahami bacaan tersebut maka dengan cepat anak mudah membaca kata demi kata. Simak contohnya dibawah:

Mengamati

Mengagumi

Mengasihi

Mengabarkan

Mengatakan

Mengaitkan 

Mengorbankan

Mengira dan seterusnya.

13. Ajari anak membaca 'ngga'

Selain 'nga', latihan membaca 'ngga' juga harus diajarkan kepada anak karena banyak sekali kata yang berkaitan dengan 'ngga' atau 'ngga...nggi...nggu...ngge...nggo...'. Yuk, langsung saja simak contohnya:

Menggunakan

Menggapai

Menggosok

Menggotong

Menggigit

Menggantikan dan seterusnya.

14. Ajari anak membaca konsonan mati

Cara selanjutnya yaitu mengajarkan anak membaca huruf konsonan. Mulailah membaca huruf konsonan, baik berada ditengah atau diakhir. Menggunakan cara ini tentu anak akan mudah membaca dengan cepat. Lihat contoh berikut:

Be-nar

Te-nar

Kem-bar

Pin-tar

I-kan

Cok-lat

Ja-mur

Su-mur

Ja-jan dan seterusnya.

15. Mulailah ajari anak membaca sebuah paragraf pendek.

Semua cara diatas sudah dijelaskan. Setelah beberapa cara diatas sudah dilakukan selanjutnya mulailah membaca sebuah kalimat pendek setiap harinya. Setelah dirasa sudah lancar barulah membaca sebuah paragraf pendek. 

Carilah buku tentang dongeng anak-anak atau yang lainnya. Disamping itu, buku yang bergambar yang mana terdapat tulisan huruf besar dan kecil juga cara terbaik untuk menarik perhatian anak saat belajar membaca. Hal ini dapat mempermudah anak membaca dengan baik dan lancar.

Jangan lupa rajinlah mengajari anak membaca agar anak merasa nyaman dan tenang saat membaca tanpa ada tekanan. Orang tua perlu bersabar karena setiap karakter anak itu berbeda. Jangan membentaknya atau bahkan memukul tentu hal itu akan membuat anak merasa takut dan tertekan sehingga anak sulit membaca.

Tambahan saja!

Selain belajar dirumah, daftarkan anak anda ke lembaga belajar terdekat. Hal ini akan menjadikan anak anda semakin giat belajar dan pintar. Dukungan orang tua juga sangat dibutuhkan demi masa depan anak. Jangan mudah menyerah dan tetap semangat untuk menggapai cita-cita. Semoga bermanfaat dan terima kasih.

Share ke teman-teman yang membutuhkan!

Sumber: doktersehat.com. Mengutip dari: Maya. A. Pujiati 2017. Cara Mudah Mengajari Anak Membaca. Mengajari Anak Membaca Menjadi Ringan dan Menyenangkan. Nauka Publishing.| Effi Ismawati Musnamar. 2018. Cara Cepat & Mudah Mengajari Anak (4-5 tahun) Membaca. Jakarta: Kawan Pustaka.

Karisma L
Karisma L I am a publisher | Travel also my favorite | IG: kl__28 | Thanks ♡

No comments for "Lakukan 15 Trik Ini untuk Mengajarkan Anak Membaca Dengan Cepat "

Berlangganan via Email