Widget HTML Atas

4 Cara Mendidik Anak Sedini Mungkin Agar Selalu Berkata Jujur

Pict by: Pixabay

Hai bunda!

Peran orang tua sangatlah penting untuk mendidik anak dengan baik sedini mungkin. Setiap hari orang tua berkumpul bersama anak serta melihat bagaimana perkembangannya dalam kehidupan sehari-hari. 

Sebagai orang tua tentu sangatlah tidak mudah untuk menjadikan sosok anak yang penurut terhadap orang tua. Ada kalanya anak cenderung pemarah, pendiam, bahkan suka berbohong. Perlu bunda ketahui, salah satu kebiasaan jelek yang dilakukan anak adalah berbohong. 

Pernahkah bunda mendapati anak yang berbohong, misalnya saat anak berkata hendak pergi belajar namun kenyataannya anak tersebut pergi bermain bersama teman-teman. Hal ini tentu sangat membuat orang tua kecewa. Disamping itu, sebagai orang tua harus membiasakan anak agar menjadi displin dan tidak suka berbohong.

Bunda tidak perlu khawatir karena etalk1 akan berbagi tips bagaimana mengatasi anak yang suka berkata bohong. Berikut caranya:

1. Berikan contoh kepada anak untuk selalu berbuat jujur.

Memberikan contoh yang baik kepada anak sangatlah penting. Bayangkan saja jika orang tua selalu berkata bohong maka anak akan meniru perilaku orang tua Secara tidak sengaja. Salah satu faktor inilah yang membuat anak dengan mudah berbohong bahkan sampai dia beranjak dewasa pun berbohong sudah menjadi kebiasannya. Untuk itu, sebelum kebiasaan buruk itu terjadi sebaiknya orang tua memberikan contoh yang baik yaitu selalu berkata jujur.

2. Jelaskan bagaimana perbedaan antara kebohongan dan kejujuran serta akibat berkata bohong dan jujur.

Setiap orang tua menginginkan anak selalu berbuat jujur dan tidak berbohong. Nah, salah satu caranya yaitu jelaskan perbedaan jujur dan bohong lalu apa akibatnya jika berkata jujur atau bohong. Tidak semua anak faham jujur itu apa bohong itu apa tetapi jika orang tua menjelaskan dengan benar dan halus maka anak akhirnya akan faham lalu menjauhi perkataan bohong.

Sebagimana hadis nabi Muhammad SAW:

"Sesungguhnya jujur itu membawa kepada kebaikan dan kebaikan itu membawa ke surga" (HR. Bukhari dan Muslim)

3. Jika anak mendapati kesalahan tegurlah dengan halus.

Sebagai orang tua kita harus memahami betul karakter anak. Jika anak pendiam bahkan pemarah maka sebaiknya orang tua memberikan nasihat yang baik dan tidak marah-marah. Semakin orang tua memaki anak maka anak akan semakin memberontak dan susah untuk dinasehati tentu hal ini menjadikan masalah yang lebih besar terhadap psikologi anak. Sebaiknya nasehati secara baik-baik dengan perkataan yang halus maka anak akan menerima nasihat orang tua dengan baik tanpa ada beban atau paksaan.

4. Mulailah dengan diri sendiri untuk menjadi seseorang yang jujur.

Sebagai orang tua, cobalah untuk membiasakan berkata jujur. Demi kebaikan anak orang tua harus berkata jujur kepada siapapun dan dimanapun. Terkadang tanpa kita sadari anak mudah memahami masalah yang dihadapi orang tua serta apa yang sedang diucapkan orang tua. Jika orang tua suka berbohong maka sang anak pun ikut berbohong. Jadi, rubahlah kebiasaan berbohong dari diri sendiri untuk selalu berkata jujur maka hidup akan terasa lebih nyaman dan tentram.

Bagaimana menurut bunda, mudah bukan caranya. Cara diatas bisa diterapkan dalam kehidupan sehari-hari. Ketika orang tua memberikan contoh yang baik serta memberikan penjelasan tentang perbedaan serta akibat berkata jujur dan bohong. Maka dengan sendirinya anak akan mulai terbiasa berbuat jujur dan tidak berbohong lagi. Semoga bermanfaat bunda! Terima kasih.
Karisma L
Karisma L I am a publisher | Travel also my favorite | IG: kl__28 | Thanks ♡

No comments for "4 Cara Mendidik Anak Sedini Mungkin Agar Selalu Berkata Jujur"

Berlangganan via Email