Widget HTML Atas

Apa Yang Dimaksud Bahasa Slang Dan Bagaimana Contohnya? Simak Penjelasannya!



Hai semuanya!

Sebelum kita bahasa secara detail mengenai apa itu bahasa slang jangan lupa subscribe website kami yuk untuk mendapatkan artikel seputar pendidikan yang terupdate dan terhits. Terus scroll aja sampai kebawah. Jangan lupa ya!

Apa sih bahasa slang itu? 

Bahasa slang jika kita fahami dalam bahasa Indonesia yang berarti adalah bahasa gaul dimana bahasa tersebut merupakan bahasa informal yang tidak baku sehingga hanya difahami oleh beberapa kelompok tertentu. 

Perlu kalian ketahui bahasa slang bisa dikatakan bahasa musiman yang mana bahasa yang tidak dibakukan dan tidak selamanya digunakan. Sepanjang era zaman yang semakin maju akan ada bahasa slang baru yang bemunculan. 

Disamping itu, bahasa slang tidak biasa digunakan oleh masyarakat karena bahasa slang hanya untuk komunitas tertentu yang bertujuan agar orang lain tidak mengetahui isi dari perckapan tersebut dan hanya komunitas itulah yang mengetahuinya. 

Maka dari itu, bahasa slang tidak sepatutnya digunakan untuk situasi formal seperti saat melakukan rapat, berbisnis, menjadi seorang pelajar bahkan ketika bertemu seseorang yang baru saja kita kenal. Selain itu, bahasa slang tidak digunakan untuk penulisan formal misalnya berita, penulisan akademik, artikel dan semua yang berhubungan dengan penulisan karena biasanya penulisan harus bersifat formal. 

Lantas, apakah bahasa slang bisa digunakan untuk sehari-harinya?

Memang betul bahasa slang bisa kita gunakan sehari-hari dimanapun dan kapanpun. Namun ada beberapa langkah yang harus diperhatikan untuk penggunaan bahasa slang ini.

Etika saat menggunakan bahasa slang yang harus kalian perhatikan.

Tidak semua orang menerima ucapan kita dengan baik. Terkadang seseorang mudah tersinggung bahkan marah saat kita berbicara sesuatu yang tidak sesuai dengan apa yang mereka harapkan. Untuk itu kita perlu mengetahui beberapa tips bagaimana kita menggunakan bahasa slang dengan baik dan benar sehingga kita dapat berbicara dengan baik dan sopan tanpa menyinggung perasaan lawan bicara kalian.

1. Tetap perhatian situasi dan kondisi sebelum menggunakan bahasa slang.

Biasanya ketika kita berbicara dengan seseorang kita jarang memperhatikan apakah orang tersebut sedang sedih, gelisah bahkan marah. Jika menggunakan bahasa slang kepada mereka yang mana kondisinya sedang tidak memungkinkan untuk diajak biacara tentu dia akan sangat marah kepada kalian. Maka perhatikan betul situasi dan kondisi saat menggunakan bahasa slang ini.

2. Jangan mengucapkan sesuatu yang menyinggung perasaan temanmu.

Hal yang harus benar-benar diperhatikan saat menggunakan bahasa slang ini adalah sebaiknya tidak mengucapkan sesuatu yang dapat menyinggung perasaan lawan bicara kalian. Jika kalian menguasai banyak sekali bahasa slang jangan seenaknya menggunakan bahasa tersebut kepada semua orang karena bisa saja orang tersebut akan menuntut atas ucapan kalian. Baiknya gunakan bahasa slang yang tidak kasar/vulgar.

3. Jangan menggunakan kata kasar saat berbicara.

Tidak semua orang mengerti apa yang kita bicarakan. Mungkin orang tersebut akan menerimanya dengan baik tetapi ada pula yang mudah tersinggung. Maka jangan pernah menggunakan bahasa slang yang kasar kepada seseorang terkecuali orang tersebut benar-benar teman yang sangat dekat. Ada baiknya kalian menggunakan bahasa slang yang ringan saja agar tidak menimbulkan permasalahan.

4. Cari tau dulu arti dari bahasa slang tersebut sebelum menggunakannya.

Nah, sebelum menggunakan bahasa slang ini kalian harus mencari tau terlebih dari arti dari kata/kalimat tersebut. Jangan asal bicara saja. Kalian tidak mengerti artinya dan hanya ikut-ikutan saja tentu akan menimbulkan masalah besar. Apalagi kita gunakan saat berbicara kepada orang asing. Untuk itu, cari tau dulu maksud dan artinya kemudian gunakan dengan sebaik mungkin.

5. Gunakan bahasa slang hanya untuk teman dekat saja.

Biasanya bahasa slang digunakan hanya untuk teman dekat saja. Mengapa demikian? Karena bahasa slang merupakan bahasa yang tidak semua orang bisa menerimanya. Ada kalanya kita harus menyesuaikan kepada siapa kita berbicara. Jangan menggunakan bahasa slang untuk semua kalangan karena hal ini tentu menimbulkan permasalahan. Kalian harus benar-benar memperhatikannya.

Berikut contoh bahasa slang beserta kalimatnya:

1. Piece of cake = sangat mudah. 
Example: my exam was really a piece of cake.

2. Gotcha = ya,ya/ mengerti. 
Example: do you understand what I'm saying? Gotcha!

3. Buddy = teman/kawan dekat. 
Example: Hi buddy! How's life today?

4. Puppy love = cinta monyet. 
Example: I never imagine that she was my puppy love.

5. Pig = jorok.
Example: he is like a pig. I don't really like him.

6. Gimme a buzz = telfon aku.
Example: you will visit me tomorrow. Gimme a buzz, don't forget!

7. Bingo = tepat.
Example: It was really nice play buddy. Bingo!

8. Grumpy = cerewet.
Example: I think your mother is very grumpy. I don't really like it.
  
9. Lucky dog = orang yang beruntung.
Example: you are very lucky dog. It is very inspiring me.

10. Clown around = melucu.
Example: she is clown around. That is not fuuny.

11. Dunno = tidak tau.
Example: I dunno that you will come to my house.

12. Phat = bagus banget.
Example: phat! You are very good painter.

Bagaimana pendapat kalian apakah sudah faham sampai disini? Jika sudah faham kalian dapat mempraktekkannya dirumah tapi sebelum itu beritahukan kepada teman dekat kalian agar tidak terjadi kesalahfaham.

Yang terkahir, hal yang peru kalian ingat adalah bahasa slang ini tidak untuk hal yang formal. Selengkapnya sudah dijelasnya diatas ya. Kalian harus betul-betul memperhatikan siapa lawan bicara kalian. Gunakan kata-kata yang bijak dan sesuai agar tidak menimbulkan kekacauan.

Oh iya, jika ada yang ingin ditanya atau beropini silahkan tulis dibawah kolom komentar ya. Terima kasih dan sampai jumpa kembali.

No comments for "Apa Yang Dimaksud Bahasa Slang Dan Bagaimana Contohnya? Simak Penjelasannya!"

Berlangganan via Email