Widget HTML Atas

9 Cara Mendapatkan Beasiswa S1/S2 dengan Mudah

Pict by: Pixabay

Pendidikan sangat dibutuhkan hampir di setiap kalangan. Menjadikan diri sebagai orang yang berkualitas memang tak mudah. Kita harus berjuang dengan benar-benar untuk mencapai sebuah impian yang kita miliki. Sangat banyak sekali dari kalangan anak muda, remaja bahkan orang tua berlomba-lomba belajar dengan sungguh-sungguh agar cita-cita yang mereka inginkan segera tercapai. 

Hari demi hari terus berjalan. Seiring berjalannya waktu kita dapat berfikir bahwa pendidikan itu sangat dibutuhkan demi mendapatkan pekerjaan yang sesuai dengan bidang yang kita tempuh saat SMP/SMA. Setelah lulus dari jenjang pendidikan SMA tak dapat dipungkiri kita pasti merasa bingung pendidikan dalam bidang apa yang akan kita tempuh ke jenjang pendidikan selanjutnya.

Lantas apa yang akan kita lakukan setelah lulus dari SMA?

Jangan buru-buru untuk bekerja dulu. Memang bekerja itu penting untuk keluarga dan orang-orang tersayang. Namun perlu kalian ingat. Pendidikan sangat dibutuhkan dimana ketika kita masih diberi kesempatan untuk belajar dan umur pun masih muda. Sedangkan orang tua masih sanggup untuk membiayai sekolah kita harus melanjutkan pendidikan ke jenjang S1. 

Banyak sekali orang tua yang rela susah payah untuk membiayai anak kuliah sampai lulus S1. Ada yang bekerja dari malam sampai pagi untuk mendapatkan uang yang mana bisa mereka gunakan untuk membiayai anak kuliah. Disamping itu, ada pula yang rela berhutang ke tetangga atau kerabat lainnya untuk menyekolahkan anak ke jenjang perkuliahan. Tujuan orang tua rela banting tulang untuk anak-anaknya adalah untuk menjadikan anak lebih berguna dan bermanfaat dimasa depan.

Lalu, apa yang harus kita lakukan untuk membantu mengurangi beban orang tua? Cukup mudah sekali. Jika kalian ingin kuliah S1 atau S2 cobalah daftar beasiswa. Diberbagai kalangan instansi banyak yang menyediakan beasiswa baik di kalangan S1 maupun S2. Namun ada beberapa hal yang harus kalian perhatikan sebelum daftar beasiswa. Berikut apa saja tips agar masuk beasiswa dengan mudah:

1. Browsing di internet carilah info seputar beasiswa.

Cara utama yang kita lakukan yaitu mencari tau di internet seputar beasiswa. Rajin-rajinlah membaca informasi dari beberapa artikel dan website terkait dari instansi tersebut guna untuk memperlancar usaha untuk lolos beasiswa. Memang terkadang informasi dari internet pun masih belum kita fahami kalau tidak bertanya langsung dengan orang yang berpengalaman. Namun tidak ada salahnya jika mencari tau di internet juga dapat mengetahui persyaratan umum yang bisa kamu kumpulkan mulai dari sekarang.

2. Aktif mengikuti seminar beasiswa.

Di kampus atau tempat sekolahmu pasti ada seminar beasiswa. Untuk itu kamu harus banyak cari tau kapan ada seminar beasiswa di kampusmu dan ikutlah seminar tersebut untuk mengetahui penjelasan dan persyaratan dengan jelas tanpa harus mencari info di internet atau bahkan bertanya ke rekanmu. Mengkuti seminar itu penting agar menambah wawasanmu dalam hal pengetahuan atau informasi.

3. Tanya-tanya dosen atau guru yang dapat membantumu.

Kita terkadang merasa bingung siapa yang akan kita ajak bicara untuk membahas seputar beasiswa. Atau bahkan kita kebingungan tidak tau cara mendaftar beasiswa dan dimana instansi yang tepat. Maka tanyalah yang berpengalaman yaitu guru atau dosenmu yang telah menempuh beasiswa baik didalam maupun diluar negeri. Tentu mereka sangat senang dan dengan cepat merespon pertanyaanmu. Tentu hal ini akan menjadikan nilai plus bagi kamu.

4. Terus berprestasi dan mendapatkan nilai tinggi.

Cara berprestasi adalah dengan mendapatkan IPK yang bagus. Belajar dengan sungguh-sungguh adalah kunci utamanya. Jangan sering maen atau bolos saat sekolah atau kuliah. Jangan pernah kita meremehkan belajar karena waktu adalah uang. Kita tidak bisa mengulang waktu yang sudah kita lalui jika kita menyia-nyiakan waktu tersebut. Untuk itu gunakan dengan sebaik mungkin dan fokus belajar agar mendapatkan nilai yang bagus. Sehingga orang tuamu akan bangga dan terus menyemangatimu.

5. Ikuti organisasi apa saja yang ada di sekolahmu.

Aktif mengikuti organisasi disekolah atau kuliahmu menjadi salah satu syarat untuk lolos beasiswa. Mengapa bisa begitu? Karena setiap instansi mempuyai tujuan masing-masing untuk memberikan syarat kelulusan beasiswa. Dengan aktif mengikuti organiasi kita dapat hidup bermasyarakat dan saling membantu satu sama lain. Belajar tidak hanya mempelajari tentang materi saja. Namun, latihan juga perlu karena mengikuti salah satu organisasi adalah pilihan yang tepat.

6. Cobalah untuk menghubungi instansi terkait syarat apa saja untuk masuk beasiswa.

Jika kamu sudah yakin untuk memilih mendaftar di instansi tersebut jangan ragu untuk bertanya melalui email atau website yang sudah tersedia. Dengan mengubungi instansi tersebut kita dapat mengetahui tanggal dan batas akhir untuk mendaftar beasiswa supaya kita dapat menyiapkan diri baik fisik maupun mental. Mungkin ada beberapa instansi yang merespon cepat namun ada juga yang lambat. Jadi sabar saja untuk menunggu informasinya. 

7. Kumpulkan dokumen atau syarat-syarat lengkap sesuai dengan instansi yang kamu pilih.

Salah satu cara lolos beasiswa adalah melengkapi persyaratan atau beberapa dokumen yang diinginkan oleh instansi tersebut. Mulai dari sekarang kumpulkan persyaratannya. Mungkin persyaratannya ada yang banyak atau sedikit. Semua tergantung dari instansi yang kamu pilih. Jika dirasa semua dokumen persyaratan lengkap maka kamu sudah siap untuk mendaftar beasiswa.

8. Berdoalah dengan rajin dan sungguh-sungguh.

Berdoa merupakan salah satu kunci kesuksesanmu. Beroa setiap hari dan tetap yakin dengan harapanmu. Usaha tanpa doa itu sama saja bohong. Kita tidak akan pernah tau bisa saja dengan kekuatan doa mampu mempermudah kita untuk mendapatkan apa yang kita inginkan yaitu masuk beasiswa. Untuk itu jangan pernah berhenti untuk beroda dan meminta kepada Allah SWT.

9. Terus mencoba meski telah gagal.

Mungkin banyak sekali orang yang tidak beruntung. Meski dokumen sudah lengkap semuanya namun masih belum lolos beasiswa. Jangan khawatir tetap terus mencoba karena tidak ada yang tidak mungkin. Siapa tau ada masanya dimana disitu adalah sebuah keberuntungan kita. Kita tidak pernah tau kapan keadaan yang baik menjumpai kita. Anggap saja kegagalan kamu adalah sebuah gerbang untuk mencapai tujuanmu. Jika kamu sudah menyerah maka tidak ada yang bisa diharapkan lagi dan tentu orang tua kamu akan kecewa. Maka dari itu, terus mencoba dan pantang menyerah.

Intinya, ada beberapa poin penting yang dapat kita fahami sebelum mendaftar beasiswa:
  • Pertama cara yang tepat adalah cari tau di internet tentang berita seputar beasiswa.
  • Ikuti seminar seputar beasiswa di kampus atau sekolahmu.
  • Tanya guru atau kerabatmu tentang beasiswa dan instansi mana saja yang menyediakan beasiswa.
  • Tetaplah berperstasi dan mendapatkan nilai yang bagus itu merupakan salah satu syarat untuk masuk beasiswa.
  • Mengikuti organiasi dan aktif didalamnya dapat membantumu mempermudah masuk beasiswa di instansi yang kamu pilih.
  • Jangan tunda untuk menghubungi instansi terkait saat ingin mendaftar beasiswa agar tidak ketinggalan informasi.
  • Kumpulkan syarat-syarat atau dokumen formulir pendaftaran mulai dari sekarang.
  • Disamping mendaftar diberbagai instansi, tetapi berdoa sangatlah penting untuk membantumu melancarkan usaha baikmu.
  • Terus mencoba dan mencoba bagi kalian yang pernah gagal masuk beasiswa. Cobalah untuk mendaftar ke semua instansi. Mungkin salah satu dari instansi tersebut dapat membantumu.
Nah, beberapa penjelasan diatas dapat kita simpulkan bahwa menjadikan diri sebagai orang yang berkualitas memang tak mudah. Langkah demi langkah harus kita raih agar mendapatkan apa yang kita inginkan. Mendapatkan nilai yang bagus, aktif organisasi dan seminar, mengumpulkan syarat-syarat, serta terus mencari tau tentang info beasiswa ke guru atau teman-teman dan terakahir berdoa dengan rajin sehingga kita dapat membantu orang tua dan dapat membanggakan mereka.

Coba kalian bayangkan betapa senangnya orang tua kalian jika kamu lolos seleksi beasiswa tentu sangat membantu mereka dan membuat mereka bangga terhadap kamu. Jangan pernah takut untuk mencoba tetap yakin dan terus berusaha untuk mendapatkan apa yang kamu inginkan dengan cara yang baik pula. Semoga penjelasan diatas dapat membantumu untuk bangkit dan lebih semangat lagi untuk belajar. Semoga bermanfaat dan terima kasih. 

Karisma L
Karisma L I am a publisher | Travel also my favorite | IG: kl__28 | Thanks ♡

No comments for "9 Cara Mendapatkan Beasiswa S1/S2 dengan Mudah"

Berlangganan via Email