Widget HTML Atas

Tips Memotivasi Anak agar Semangat Belajar

Pict by: Pixabay

Pendidikan merupakan salah satu peran utama untuk menjadikan anak lebih kreatif dan inspiratif. Setiap orang harus membentengi diri dengan ilmu pengetahuan yang luas agar menjadi seseorang yang berguna dimasa depan. Sedari dini peran orang tua sangatlah penting untuk memberikan motivasi kepada anak agar semangat belajar.

Berbagai macam permasalahan yang terjadi disetiap orang khususnya rasa semangat belajar anak yang semakin menurun. Tak sedikit dari orang tua yang kesulitan untuk menjadikan seorang anak lebih semangat belajar. Ada beberapa faktor penyebab mengapa anak tidak semangat belajar.
Diantaranya; kurang perhatian dan kasih sayang orang tua, tidak ada dorongan dari orang tua untuk belajar, ekonomi menurun dan lainnya.

Dalam permasalahan ini, orang tua tidak perlu khawatir karena ada beberapa tips agar anak semangat belajar. Berikut penjelasannya:

1. Berikan perhatian yang penuh kepada anak

Bisa jadi anak tidak semangat belajar karena kurangnya perhatian dan kasih sayang orang tua. Sebaiknya hal yang utama adalah berikan perhatian yang lebih kepada anak. Jika orang tua melakukan hal itu maka anak menjadi nyaman dan tidak tertekan. Oleh sebab itu, jika orang tua berkata kepada anak sebaiknya dengan tutur yang lembut dan penuh perhatian.

2. Jangan suka memarahi anak

Sering memarahi anak tidak membuat anak semakin nurut untuk belajar malah mengakibatkan mental anak terganggu dan mengakibatkan rasa trauma. Untuk itu, jangan sering memarahi anak apalagi membentaknya dengan kata-kata kasar. Bukan hanya mentalnya yang terganggu jika sudah dewasa nanti akan menjadi anak yang suka membentak orang tua.

3. Jelaskan pentingnya menimba ilmu

Orang tua harus menjelaskan kepada anak betapa pentingnya mencari ilmu untuk masa depan. Jelaskan dengan penuh kehalusan dan tersenyum maka anak akan mudah memahami dan akhirnya akan menyadari betapa pentingnya menimba ilmu sedari dini.

4. Jangan fokus pada kekurangannya

Jika anak mendapatkan nilai rendah tidak sesuai dengan yang diharapkan orang tua maka jangan paksa dia untuk memiliki nilai tertinggi. Fokuslah pada kekurangannya yakni menjelaskan dan menyelsaikan secara detail kesulitan tersebut maka anak akan menerimanya dengan baik dan kesalahan itu tidak akan diulang lagi. Namun sebaliknya, jika anak dipasksa untuk mendapat nilai bagus dia merasa tertekan dan akhirnya tidak mempunyai rasa semangat belajar.

5. Berikan sarana belajar untuk anak

Memberikan sarana belajar untuk anak itu penting. Dirumah biasakan anak membaca buku, melihat gambar-gambar tentang materi pembelajaran dan belajar berhitung agar supaya anak merasa senang dan nyaman. Tidak merasakan kesulitan dalam belajar. Tidak hanya itu, nilai ketuhanan juga sangat penting, ajari anak untuk mengerti bagaimana cara beribadah, berdoa dan bertutur kata yang lembut.

"Kunjungi wesbsite kami di:  www.etalk1.com untuk mendapatkan artikel terbaru setiap harinya"

Lakukan tips diatas agar anak menjadi lebih baik dan semangat untuk belajar. Semoga bermanfaat.

No comments for "Tips Memotivasi Anak agar Semangat Belajar"

Berlangganan via Email